Puisi tema sampah.

Sampah sudah menjadi sebuah ancaman bagi lingkungan kita.

Perilaku manusia yang sering membuang sampah sembarangan justru memperparah keadaan saja. Lalu bagaimana  permasalahan tersebut diatasi?? Tentu saja tak ada lagi cara selain kesadaran diri untuk membuang sampah pada tempatnya.


Sampah dilingkungan saya sudah menjadi permasalahan kebersihan lingkungan 

Yaa maka untuk sedikit memberi kesadaran dan bentuk prihatin saya mencoba membuat puisi bersama teman saya yang bertema tentang sampah.


Jadi silakan dibaca yaa.




Foto:berbagai sumber.







Colab ketiga:


Dewi Lorenza dengan @Junewerz Fomeni



Tindak Nyata; Solusi Untuk Polusi



Sampah..

Begitu buruk rupa kau di hidupku.

Membuat risau pandangan mata.

Bernuansa tak sedap hidungku 



Seumpama sisa rindu semalam

Dibuang Tuan karena jijik menggenggam

Koran-koran ramai bercerita tentang negeri dengan sejuta rindu menghiasi

Koran lupa tindak nyata, tidak mengerti solusi untuk polusi



Kaca mata pun kugunakan 

Tak sangka aku melihat rupa

Bernyawa melintas dihadapanku

Aroma itu pun bertambah

Nyawa itu telah melakukannya

Terbuang begitu saja tanpa beban.



Entah si pemiliknya telah hilang pikir atau pura-pura tak sadar 

Sehingga dibiarkannya sisa rindu itu menumpuk sepanjang jalan

Puan terseok-seok menyapu menghalau 

Ia mau semua tahu betapa sakit berselimut rindu



Haruskah aku menyadarkanmu

Nyawamu seakan tak berotak

Tuk tempatkan sang aroma busuk itu pada singgasananya

Sudahlah, rasanya sudah sampai kesekian kalinya aku utarakan




Telah habis kata dan busa bisa bicaraku

Biar aku sibuk menyapu menghalaunya setiap hari; semoga bahasa sebuah tindak kamu mengerti


Kupang,27 januari 2021



Semoga dengan puisi tersebut kita bisa sadar diri dan bisa untuk mengajak orang lain juga agar bisa membuang sampah pada tempatnya.


Foto:keberadaan sampah
 di jembatan petuk 2


Foto:sampah tepat pada ujung jembatan 
Petuk 2 kupang 

Foto:sampah di petuk 2


Puisi tema sampah. Puisi tema sampah. Reviewed by Junewerfomeni on Januari 27, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silakan masukan komentar anda

ads

Diberdayakan oleh Blogger.